• Logo Kementan
  • Logo Kemenkes
  • Logo Bappenas
  • Logo Kementan

Policy Brief: Akses Vaksinasi yang Inklusif dan Peningkatan Penerimaan Vaksin: Kunci Peningkatan Cakupan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Lansia di Provinsi Sulawesi Selatan

Aksesibilitas dan Penerimaan Vaksin COVID-19 di Kalangan Lansia di Sulawesi Selatan
Aksesibilitas dan Penerimaan Vaksin COVID-19 di Kalangan Lansia di Sulawesi Selatan

Cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia (lansia) di Provinsi Sulawesi Selatan lebih rendah daripada cakupan vaksinasi masyarakat umum dan rentan lainnya. Menurut data dari dashboard vaksinasi Kementerian Kesehatan, per tanggal 18 Juli 2022, cakupan vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia), masih belum setinggi cakupan vaksinasi masyarakat umum dan kelompok rentan lainnya, kecuali untuk vaksin dosis pertama di Kabupaten Maros.

Menurut data dari dashboard vaksinasi Kementerian Kesehatan, per tanggal 18 Juli 2022, cakupan vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia).
Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Vaksin Dashboard. Diakses tanggal 19 Juli, 2022, dari https://vaksin.kemkes.go.id/#/detail_data

Penelitian kualitatif ini mengidentifikasi bahwa pemahaman akan aksesibilitas dan penerimaan vaksin di kalangan lansia dan keluarga lansia dapat membantu pemerintah daerah menyusun strategi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi kelompok lansia. Terdapat sejumlah pilihan kebijakan yang dapat dipertimbangkan:

  • Pelaksanaan kegiatan vaksinasi khusus untuk lansia
  • Kerja sama lintas program dan lintas sektor untuk menjangkau lansia
  • Peningkatan upaya komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) bagi lansia dan keluarga/pendamping lansia

Bagaimana kita dapat menyasar secara lansia dan keluarga/pendamping mereka secara khusus melalui penerapan kebijakan? Klik di sini untuk cari tahu lebih lanjut.

Kembali ke Artikel

 

Bagikan artikel ini di: